PPG TAHAP I TAHUN 2025 - TES PEMAHAMAN MODUL 2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

 

Tujuan pembelajaran sosial emosional adalah untuk program...

A. Preventif

B. Promotif

C. Kolaboratif

D. A dan B benar

E. A, B, C benar

 

Pembelajaran sosial emosional merupakan pengembangan dari teori …

Kecerdasan emosional

Kogntif

Perilaku

Emosi

Semua jawaban benar

 

Kemampuan memahami emosi, pemikiran, dan nilai termasuk komponen CASEL …

Manajemen diri

Kesadaran diri

Kesadaran sosial

Keterampilan sosial

Pengambilan keputusan

 

Seorang guru berusaha membuat keputusan yang tepat supaya tidak merugikan siswa dan sekolah. Dalam hal ini komponen CASEL yang diterapkan adalah ...

Kesadaran diri

Manajemen diri

Pengambilan keputusan bertanggung jawab

Social awareness

Keterampilan sosial

 

Seorang guru berusaha membuat keputusan yang tepat supaya tidak merugikan siswa dan sekolah. Dalam hal ini komponen CASEL yang diterapkan adalah ...

Kesadaran diri

Manajemen diri

Pengambilan keputusan bertanggung jawab

Social awareness

Keterampilan sosial

 

Butet adalah guru BK baru, ia berusaha membuat situasi di kelas menjadi menyenangkan. Ia berusaha menjalin komunikasi dengan siswa di kelas. Perilaku Butet adalah penerapan dimensi CASEL …

Kesadaran diri

Manajemen diri

Pengambilan keputusan bertanggung jawab

Social awareness

Keterampilan sosial

 

Sebagai seorang guru, Adi berusaha mengatur emosi di kelas, walaupun ia merasa kesal dengan kelakuan siswanya. Ia berusaha berbicara dengan tenang. Dalam hal ini dimensi CASEL yang diterapkan adalah …

Kesadaran diri

Manajemen diri

Pengambilan keputusan bertanggung jawab

Social awareness

Keterampilan sosial

 

Sebagai seorang guru, Adi berusaha mengatur emosi di kelas, walaupun ia merasa kesal dengan kelakuan siswanya. Ia berusaha berbicara dengan tenang. Dalam hal ini dimensi CASEL yang diterapkan adalah …

Kesadaran diri

Manajemen diri

Pengambilan keputusan bertanggung jawab

Social awareness

Keterampilan sosial

 

Sebagai guru yang mengajar generasi yang berbeda, Dina berusaha memahami perspektif atau cara pandang dari generasi tersebut. Dalam hal ini Dina menerapkan dimensi CASEL …

Kesadaran diri

Manajemen diri

Pengambilan keputusan bertanggung jawab

Social awareness

Keterampilan sosial

 

Guru hendaknya memahami emosi siswa, bisa menilai situasi yang dapat mempengaruhi perilaku siswa. Dalam hal ini guru harus memiliki …

Kesadaran diri

Manajemen diri

Pengambilan keputusan bertanggung jawab

Social awareness

Keterampilan sosial

 

Pernyataan yang tidak sesuai dengan kriteria pembelajaran sosial emosional adalah...

Pembelajaran sosial emosional dilakukan dengan jadwal tertentu

Pembelajaran sosial emosional terintegrasi dengan Mata Pelajaran

Pembelajaran sosial emosional dapat dilakukan dengan role-play

Pembelajaran sosial emosional menjadi budaya di sekolah

Pembelajaran sosial emosional adalah untuk semua yang terlibat dalam 

 

Seorang guru memaksakan kehendaknya dan cenderung sulit diajak berkomunikasi dengan siswa. Dalam hal ini kaidah CASEL yang tidak sesuai adalah ...

Kesadaran diri

Manajamen diri dan pengambilan keputusan

Kesadaran sosial dan keterampilan sosial

Keterampilan sosial dan manajemen diri

Kesadaran diri dan kesadaran sosial

 

 

Dasar pembelajaran dalam berhubungan dengan siswa dan individu lain di lingkungan/luar lingkungan sekolah, disebut ...

Kepedulian (caring)

Kebersamaan

Kolaborasi

Pemahaman

Semua jawaban benar

 

Yang tidak termasuk dari EMC ² ...

Compassion

Mindfulness

Critical inquiry

Empathy

Sympathy

 

Tiga kategori empati meliputi ...

Cognitive, emotional, actionable

Cognitive, action, sympathy

Emotional, action, sympathy

Emotional, cognitive, affective

Sympathy, empathy, mindfulness

 

Empati secara kognitif diperoleh melalui ...

Attentive learning

Receptive learning

Role play

Compassion

Pembelajaran

 

Kemampuan individu dalam memberikan respons atau tindakan sesuai dengan perasaan/perilaku orang lain dipahami sebagai konsep ...

Actionable empathy

Emotional empathy

Cognitive empathy

Sympathy

Stimulus-respon

 

Kemampuan merasakan apa yang orang lain rasakan disebut ...

Actionable empathy

Emotional empathy

Cognitive empathy

Sympathy

Stimulus-respon

 

Melalui compassion (bela rasa), individu dapat mengurangi ...

Rasa bersalah

Stres pribadi

Emosi berlebih

Simpati pada orang lain

Semua jawaban benar

 

Adellia merasa kesal di kelas karena siswa sangat berisik saat ia menerangkan. Ia lalu berusaha menenangkan diri dengan menarik nafas dan diam sesaat. Teknik yang digunakan Adellia dalam mengahadapi emosi tersebut adalah ...

Set intentions

I’m aware

Two feet one breath

Empathy terhadap muridnya

Meditasi

 

Saat menghadapi siswa berkebutuhan khusus, seorang guru menerima kondisi anak tersebut tanpa menunjukkan frustrasi, hal tersebut menunjukkan perilaku ...

Distress tolerance

Simpati

Sensitivitas

Caring

Non judgement (tidak menghakimi)

 

Ibu Aida mampu menghadapi stres kerja sebagai guru, ia juga responsif terhadap kebutuhan siswa. Dalam hal ini Ibu Aida menunjukkan atribut compassion ...

Sensitivity dan distress tolerance

Sympathy dan empathy

Non judgement dan distress

Motivasi

Caring/peduli dan empathy

 

Apa yang dimaksud dengan Experiential Learning menurut David Kolb?

Pembelajaran yang hanya mengandalkan teori tanpa pengalaman praktis.

Pembelajaran yang berfokus pada pengalaman langsung sebagai sumber utama pengetahuan.

Pembelajaran yang mengutamakan penggunaan teknologi dalam proses belajar.

Pembelajaran yang mengandalkan instruksi langsung dari pengajar.

Pembelajaran berbasis text book.

 

Manakah dari berikut ini yang bukan merupakan komponen dari model Experiential Learning Kolb?

Pengalaman konkrit

Refleksi aktif

Konseptualisasi abstrak

Pengujian aktif

Refleksi

 

Yang tidak termasuk dalam experiential learning adalah ...

Yang dilihat dari belajar adalah output

Belajar adalah proses

Belajar adalah proses adaptasi

Belajar adalah transaksi antara individu dengan lingkungan

Belajar adalah proses mengalami

 

 

Belajar adalah proses yang menyeluruh, dalam hal ini meliputi ...

Fungsi kognisi, emosi, persepsi dan perilaku

Fungsi kognisi dan output

Fungsi perilaku, emosi, dan adaptasi

Fungsi pengalaman

Semua jawaban benar

 

 

Belajar melibatkan pembelajaran baru dengan pembelajaran sebelumnya, dalam hal ini belajar merupakan ...

Proses adaptasi

Transaksi sinergis

Proses re-learning (belajar kembali)

Proses penemuan kembali

Semua jawaban benar

 

Dalam model Kolb, tahap "Konseptualisasi Abstrak" merujuk pada ...

Menyusun teori atau konsep berdasarkan pengalaman yang telah terjadi.

Melakukan eksperimen dan mencoba hal baru.

Merenungkan pengalaman yang dialami dan membuat rencana tindakan.

Mengalami dan merasakan suatu kejadian atau situasi baru.

Memahami kejadian yang pernah dialami.

Seorang peserta pelatihan yang selalu mengamati situasi secara mendalam dan lebih suka merenungkan pengalaman mereka daripada langsung bertindak cenderung memiliki gaya belajar ...

Aktif

Reflektif

Teoretis

Pragmatis

Dogmatis

 

Individu dengan gaya belajar aktif dalam model Kolb cenderung ...

Membuat keputusan berdasarkan pengalaman langsung dan cepat bereaksi terhadap situasi.

Mengalami kesulitan dalam memahami teori atau konsep tanpa aplikasi praktis.

Lebih suka merenung dan berpikir sebelum bertindak.

Cenderung menghindari situasi yang tidak terstruktur.

Bereaksi dengan dengan berpikir panjang.

 

Pada tahap "Pengujian Aktif" dalam model Kolb, individu akan ...

Mengembangkan ide-ide baru dan teori berdasarkan pengalaman yang telah diamati.

Mencoba konsep atau ide yang telah dipikirkan dalam situasi nyata.

Merenung tentang pengalaman dan mencoba mengerti arti dari pengalaman tersebut.

Mengorganisir informasi secara sistematik.

Menciptakan ide yang revolusioner untuk diterapkan.

 

Manakah pernyataan yang paling tepat mengenai hubungan antara gaya belajar dan tahapan dalam model Kolb?

Semua individu mengikuti urutan yang sama dalam tahapan pembelajaran Kolb.

Gaya belajar yang berbeda tidak mempengaruhi urutan tahapan pembelajaran.

Gaya belajar individu dapat memengaruhi cara mereka berinteraksi dengan setiap tahapan pembelajaran.

Individu dengan gaya belajar aktif hanya melewati satu tahapan dalam model Kolb.

Setiap individu memiliki pola adaptasi yang sama dalam belajar.

 

Apa yang dimaksud dengan "school well-being" dalam konteks pendidikan?

Kesejahteraan sosial siswa di luar sekolah

Kesejahteraan fisik dan emosional siswa di sekolah

Kesejahteraan finansial guru di sekolah

Kesejahteraan mental guru di luar sekolah

Kesejahteraan komunitas di sekitar sekolah

 

Menurut Konu, faktor apa yang paling memengaruhi school well-being?

Kualitas pengajaran

Pengelolaan stres di sekolah

Keterlibatan orang tua

Lingkungan fisik sekolah

Fasilitas sekolah

 

Menurut Rimpela, apa dampak penting dari kesejahteraan yang baik di sekolah terhadap siswa?

Meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi akademik

Mengurangi peran guru dalam pendidikan

Memperburuk hubungan sosial siswa

Meningkatkan angka absensi siswa

Meningkatkan keamanan siswa

 

Konu menyarankan pentingnya pendekatan seperti apa untuk meningkatkan school well-being?

Fokus pada kebijakan yang hanya melibatkan siswa

Pendekatan berbasis akademik saja

Pendekatan holistik yang melibatkan siswa, guru, dan orang tua bahkan komunitas sekolah

Menekankan disiplin yang keras terhadap siswa

Pendekatan holistik meliputi komunitas sekitar sekolah

 

Konu menyarankan bahwa hubungan sosial yang sehat antara siswa dan guru berkontribusi terhadap kesejahteraan di sekolah. Apa keuntungan utama dari hubungan sosial yang baik tersebut?

Pembelajaran menjadi fokus pada hasil

Adanya komunitas sekolah yang baik

Output belajar lebih baik

Meningkatkan rasa aman dan dukungan sosial bagi siswa

Relasi guru siswa menjadi baik

 

Dalam konteks school well-being, Rimpela menekankan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler. Mengapa kegiatan ekstrakurikuler penting?

Kegiatan tersebut menambah waktu siswa berinteraksi

Kegiatan tersebut memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional

Kegiatan tersebut mengurangi perhatian siswa yang fokus pada akademik semata

Kegiatan tersebut menambah fungsi pendidikan formal

Kegiatan tersebut memberikan kesempatan

 

Menurut Konu, pengelolaan stres di sekolah harus melibatkan elemen-elemen tertentu. Apa elemen kunci yang harus ada dalam pengelolaan stres tersebut?

Pembatasan interaksi sosial antar siswa untuk melindungi siswa dari bullying

Dukungan emosional dari guru dan orang tua

Pembelajaran yang berfokus pada materi akademik

Mengurangi jam sekolah untuk kesejahteraan siswa

Memberikan layanan kesehatan siswa

 

Menurut Rimpela, kebijakan apa yang dapat diambil oleh sekolah untuk mempromosikan school well-being yang efektif di kalangan siswa?

Menambah jumlah ujian dan tes di sekolah supaya siswa lebih aktif dan produktif

Menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung berbagai latar belakang siswa

Meningkatkan peraturan disiplin yang ketat terhadap siswa

Mengurangi program tertentu yang dianggap merepotkan untuk fokus pada akademik

Menciptakan lingkungan yang mendukung komunitas sekolah

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPG TAHAP I TAHUN 2025 - POST TEST 1,2,3 MODUL 3 FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

PPG TAHAP I TAHUN 2025 - POST TEST 1,2,3 MODUL 1 PEMBELAJARAN MENDALAM DAN ASESMEN