PPG TAHAP I TAHUN 2025 - TES PEMAHAMAN MODUL 2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
Tujuan pembelajaran sosial emosional adalah
untuk program...
A. Preventif
B. Promotif
C. Kolaboratif
D. A dan B benar
E. A, B, C benar
Pembelajaran sosial emosional merupakan
pengembangan dari teori …
Kecerdasan emosional
Kogntif
Perilaku
Emosi
Semua jawaban benar
Kemampuan memahami emosi, pemikiran, dan nilai
termasuk komponen CASEL …
Manajemen diri
Kesadaran diri
Kesadaran sosial
Keterampilan sosial
Pengambilan keputusan
Seorang guru berusaha membuat keputusan yang
tepat supaya tidak merugikan siswa dan sekolah. Dalam hal ini komponen CASEL
yang diterapkan adalah ...
Kesadaran diri
Manajemen diri
Pengambilan keputusan bertanggung jawab
Social awareness
Keterampilan sosial
Seorang guru berusaha membuat keputusan yang
tepat supaya tidak merugikan siswa dan sekolah. Dalam hal ini komponen CASEL
yang diterapkan adalah ...
Kesadaran diri
Manajemen diri
Pengambilan keputusan bertanggung jawab
Social awareness
Keterampilan sosial
Butet adalah guru BK baru, ia berusaha membuat
situasi di kelas menjadi menyenangkan. Ia berusaha menjalin komunikasi dengan
siswa di kelas. Perilaku Butet adalah penerapan dimensi CASEL …
Kesadaran diri
Manajemen diri
Pengambilan keputusan bertanggung jawab
Social awareness
Keterampilan sosial
Sebagai seorang guru, Adi berusaha mengatur
emosi di kelas, walaupun ia merasa kesal dengan kelakuan siswanya. Ia berusaha
berbicara dengan tenang. Dalam hal ini dimensi CASEL yang diterapkan adalah …
Kesadaran diri
Manajemen diri
Pengambilan keputusan bertanggung jawab
Social awareness
Keterampilan sosial
Sebagai seorang guru, Adi berusaha mengatur
emosi di kelas, walaupun ia merasa kesal dengan kelakuan siswanya. Ia berusaha
berbicara dengan tenang. Dalam hal ini dimensi CASEL yang diterapkan adalah …
Kesadaran diri
Manajemen diri
Pengambilan keputusan bertanggung jawab
Social awareness
Keterampilan sosial
Sebagai guru yang mengajar generasi yang
berbeda, Dina berusaha memahami perspektif atau cara pandang dari generasi
tersebut. Dalam hal ini Dina menerapkan dimensi CASEL …
Kesadaran diri
Manajemen diri
Pengambilan keputusan bertanggung jawab
Social awareness
Keterampilan sosial
Guru hendaknya memahami emosi siswa, bisa
menilai situasi yang dapat mempengaruhi perilaku siswa. Dalam hal ini guru
harus memiliki …
Kesadaran diri
Manajemen diri
Pengambilan keputusan bertanggung jawab
Social awareness
Keterampilan sosial
Pernyataan yang tidak sesuai dengan kriteria
pembelajaran sosial emosional adalah...
Pembelajaran sosial emosional dilakukan dengan jadwal tertentu
Pembelajaran sosial emosional terintegrasi dengan Mata Pelajaran
Pembelajaran sosial emosional dapat dilakukan dengan role-play
Pembelajaran sosial emosional menjadi budaya di sekolah
Pembelajaran sosial emosional adalah untuk semua yang terlibat
dalam
Seorang guru memaksakan kehendaknya dan
cenderung sulit diajak berkomunikasi dengan siswa. Dalam hal ini kaidah CASEL
yang tidak sesuai adalah ...
Kesadaran diri
Manajamen diri dan pengambilan keputusan
Kesadaran sosial dan keterampilan sosial
Keterampilan sosial dan manajemen diri
Kesadaran diri dan kesadaran sosial
Dasar pembelajaran dalam berhubungan dengan
siswa dan individu lain di lingkungan/luar lingkungan sekolah, disebut ...
Kepedulian (caring)
Kebersamaan
Kolaborasi
Pemahaman
Semua jawaban benar
Yang tidak termasuk dari EMC ² ...
Compassion
Mindfulness
Critical inquiry
Empathy
Sympathy
Tiga kategori empati meliputi ...
Cognitive, emotional,
actionable
Cognitive, action, sympathy
Emotional, action, sympathy
Emotional, cognitive, affective
Sympathy, empathy, mindfulness
Empati secara kognitif diperoleh melalui ...
Attentive learning
Receptive learning
Role play
Compassion
Pembelajaran
Kemampuan individu dalam memberikan respons
atau tindakan sesuai dengan perasaan/perilaku orang lain dipahami sebagai
konsep ...
Actionable empathy
Emotional empathy
Cognitive empathy
Sympathy
Stimulus-respon
Kemampuan merasakan apa yang orang lain
rasakan disebut ...
Actionable empathy
Emotional empathy
Cognitive empathy
Sympathy
Stimulus-respon
Melalui compassion (bela
rasa), individu dapat mengurangi ...
Rasa bersalah
Stres pribadi
Emosi berlebih
Simpati pada orang lain
Semua jawaban benar
Adellia merasa kesal di kelas karena siswa
sangat berisik saat ia menerangkan. Ia lalu berusaha menenangkan diri dengan
menarik nafas dan diam sesaat. Teknik yang digunakan Adellia dalam mengahadapi
emosi tersebut adalah ...
Set intentions
I’m aware
Two feet one breath
Empathy terhadap
muridnya
Meditasi
Saat menghadapi siswa berkebutuhan khusus,
seorang guru menerima kondisi anak tersebut tanpa menunjukkan frustrasi, hal
tersebut menunjukkan perilaku ...
Distress tolerance
Simpati
Sensitivitas
Caring
Non judgement (tidak menghakimi)
Ibu Aida mampu menghadapi stres kerja sebagai
guru, ia juga responsif terhadap kebutuhan siswa. Dalam hal ini Ibu Aida
menunjukkan atribut compassion ...
Sensitivity dan distress tolerance
Sympathy dan empathy
Non judgement dan distress
Motivasi
Caring/peduli dan empathy
Apa yang dimaksud dengan Experiential Learning menurut David Kolb?
Pembelajaran yang hanya mengandalkan teori tanpa pengalaman
praktis.
Pembelajaran yang berfokus pada
pengalaman langsung sebagai sumber utama pengetahuan.
Pembelajaran yang mengutamakan penggunaan teknologi dalam proses
belajar.
Pembelajaran yang mengandalkan instruksi langsung dari pengajar.
Pembelajaran berbasis text book.
Manakah dari berikut ini yang bukan merupakan
komponen dari model Experiential Learning Kolb?
Pengalaman konkrit
Refleksi aktif
Konseptualisasi abstrak
Pengujian aktif
Refleksi
Yang tidak termasuk dalam experiential learning adalah ...
Yang dilihat dari belajar
adalah output
Belajar adalah proses
Belajar adalah proses adaptasi
Belajar adalah transaksi antara individu dengan lingkungan
Belajar adalah proses mengalami
Belajar adalah proses yang menyeluruh, dalam
hal ini meliputi ...
Fungsi kognisi, emosi, persepsi
dan perilaku
Fungsi kognisi dan output
Fungsi perilaku, emosi, dan adaptasi
Fungsi pengalaman
Semua jawaban benar
Belajar melibatkan pembelajaran baru dengan
pembelajaran sebelumnya, dalam hal ini belajar merupakan ...
Proses adaptasi
Transaksi sinergis
Proses re-learning (belajar kembali)
Proses penemuan kembali
Semua jawaban benar
Dalam model Kolb, tahap "Konseptualisasi
Abstrak" merujuk pada ...
Menyusun teori atau konsep
berdasarkan pengalaman yang telah terjadi.
Melakukan eksperimen dan mencoba hal baru.
Merenungkan pengalaman yang dialami dan membuat rencana tindakan.
Mengalami dan merasakan suatu kejadian atau situasi baru.
Memahami kejadian yang pernah dialami.
Seorang peserta pelatihan yang selalu
mengamati situasi secara mendalam dan lebih suka merenungkan pengalaman mereka
daripada langsung bertindak cenderung memiliki gaya belajar ...
Aktif
Reflektif
Teoretis
Pragmatis
Dogmatis
Individu dengan gaya belajar aktif dalam model
Kolb cenderung ...
Membuat keputusan berdasarkan
pengalaman langsung dan cepat bereaksi terhadap situasi.
Mengalami kesulitan dalam memahami teori atau konsep tanpa
aplikasi praktis.
Lebih suka merenung dan berpikir sebelum bertindak.
Cenderung menghindari situasi yang tidak terstruktur.
Bereaksi dengan dengan berpikir panjang.
Pada tahap "Pengujian Aktif" dalam
model Kolb, individu akan ...
Mengembangkan ide-ide baru dan teori berdasarkan pengalaman yang
telah diamati.
Mencoba konsep atau ide yang
telah dipikirkan dalam situasi nyata.
Merenung tentang pengalaman dan mencoba mengerti arti dari
pengalaman tersebut.
Mengorganisir informasi secara sistematik.
Menciptakan ide yang revolusioner untuk diterapkan.
Manakah pernyataan yang paling tepat mengenai
hubungan antara gaya belajar dan tahapan dalam model Kolb?
Semua individu mengikuti urutan yang sama dalam tahapan
pembelajaran Kolb.
Gaya belajar yang berbeda tidak mempengaruhi urutan tahapan
pembelajaran.
Gaya belajar individu dapat
memengaruhi cara mereka berinteraksi dengan setiap tahapan pembelajaran.
Individu dengan gaya belajar aktif hanya melewati satu tahapan
dalam model Kolb.
Setiap individu memiliki pola adaptasi yang sama dalam belajar.
Apa yang dimaksud dengan "school well-being" dalam konteks pendidikan?
Kesejahteraan sosial siswa di luar sekolah
Kesejahteraan fisik dan
emosional siswa di sekolah
Kesejahteraan finansial guru di sekolah
Kesejahteraan mental guru di luar sekolah
Kesejahteraan komunitas di sekitar sekolah
Menurut Konu, faktor apa yang paling
memengaruhi school well-being?
Kualitas pengajaran
Pengelolaan stres di sekolah
Keterlibatan orang tua
Lingkungan fisik sekolah
Fasilitas sekolah
Menurut Rimpela, apa dampak penting dari
kesejahteraan yang baik di sekolah terhadap siswa?
Meningkatkan rasa percaya diri
dan prestasi akademik
Mengurangi peran guru dalam pendidikan
Memperburuk hubungan sosial siswa
Meningkatkan angka absensi siswa
Meningkatkan keamanan siswa
Konu menyarankan pentingnya pendekatan seperti
apa untuk meningkatkan school well-being?
Fokus pada kebijakan yang hanya melibatkan siswa
Pendekatan berbasis akademik saja
Pendekatan holistik yang
melibatkan siswa, guru, dan orang tua bahkan komunitas sekolah
Menekankan disiplin yang keras terhadap siswa
Pendekatan holistik meliputi komunitas sekitar sekolah
Konu menyarankan bahwa hubungan sosial yang
sehat antara siswa dan guru berkontribusi terhadap kesejahteraan di sekolah.
Apa keuntungan utama dari hubungan sosial yang baik tersebut?
Pembelajaran menjadi fokus pada hasil
Adanya komunitas sekolah yang baik
Output belajar lebih baik
Meningkatkan rasa aman dan
dukungan sosial bagi siswa
Relasi guru siswa menjadi baik
Dalam konteks school
well-being, Rimpela menekankan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler.
Mengapa kegiatan ekstrakurikuler penting?
Kegiatan tersebut menambah waktu siswa berinteraksi
Kegiatan tersebut memberikan
kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional
Kegiatan tersebut mengurangi perhatian siswa yang fokus pada
akademik semata
Kegiatan tersebut menambah fungsi pendidikan formal
Kegiatan tersebut memberikan kesempatan
Menurut Konu, pengelolaan stres di sekolah
harus melibatkan elemen-elemen tertentu. Apa elemen kunci yang harus ada dalam
pengelolaan stres tersebut?
Pembatasan interaksi sosial antar siswa untuk melindungi siswa
dari bullying
Dukungan emosional dari guru
dan orang tua
Pembelajaran yang berfokus pada materi akademik
Mengurangi jam sekolah untuk kesejahteraan siswa
Memberikan layanan kesehatan siswa
Menurut Rimpela, kebijakan apa yang dapat
diambil oleh sekolah untuk mempromosikan school well-being yang
efektif di kalangan siswa?
Menambah jumlah ujian dan tes di sekolah supaya siswa lebih aktif
dan produktif
Menciptakan lingkungan yang
inklusif dan mendukung berbagai latar belakang siswa
Meningkatkan peraturan disiplin yang ketat terhadap siswa
Mengurangi program tertentu yang dianggap merepotkan untuk fokus
pada akademik
Menciptakan lingkungan yang mendukung komunitas sekolah
Komentar