PPG TAHAP I TAHUN 2025 - POST TEST 1,2,3 MODUL 2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
POST TEST 1
Soal 1 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Menginisiasi sesi refleksi diri untuk para siswa dalam bekerja kelompok dan pentingnya mendengarkan dan menghargai satu sama lain. Jawaban Anda | 5 |
Memberikan aturan dalam berkelompok dengan menetapkan waktu khusus brainstorming ide untuk seluruh anggota kelompok secara adil. | 4 |
Memberikan Danu dan Ninda tugas dengan bagian yang berbeda sehingga mereka bisa tetap berkontribusi tanpa saling berkonflik satu sama lain. | 3 |
Memberikan teguran yang konstruktif untuk Danu dan Ninda agar dapat menghargai pendapat satu sama lain dan mengambil keputusan bersama. | 2 |
Menghargai pendapat mereka dan mempercayai bahwa seiring waktu Danu dan Ninda dapat berubah dan bisa saling menghargai pendapat satu sama lain. | 1 |
Soal 2 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Melakukan evaluasi diri dan mencari solusi alternatif sehingga dapat berkomitmen untuk datang tepat waktu ke sekolah. Jawaban Anda | 5 |
Menjadikan masukan dari siswa sebagai bahan dalam melakukan refleksi diri dan menjadi evaluasi dalam menjadi suri tauladan siswa. | 4 |
Mengapresiasi siswa yang telah konsistensi datang tepat waktu, untuk membangun budaya positif yang tidak tergantung sepenuhnya pada figur guru. | 3 |
Meminta bantuan dari guru Bimbingan dan Konseling (BK) untuk memberikan pemahaman kedisiplinan waktu kepada siswa. | 2 |
Tetap konsisten mengingatkan siswa untuk datang tepat waktu ke sekolah dan mengimbau mereka untuk tidak mengikuti tindakan Anda. | 1 |
Soal 3 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Bersama-sama mengkaji program dengan menyesuaikan kondisi para anggota sehingga program tetap memiliki dampak dan berjalan efektif. Jawaban Anda | 5 |
Membuat sistem kerja berbasis jadwal rotasi atau pembagian shift ringan bagi guru anggota satgas sehingga tidak membebani pekerjaan inti mengajar. | 4 |
Mengintegrasikan pekerjaan satgas ke dalam pembelajaran Bimbingan dan Konseling sehingga dapat meringankan beban tim dari perwakilan guru. | 3 |
Meminta pimpinan mengimbau para guru untuk memprioritaskan tanggung jawab mereka di satgas agar satgas berjalan efektif. | 2 |
Mengusulkan agar pimpinan sekolah memberi insentif tambahan bagi guru yang aktif dalam satgas untuk meningkatkan motivasi mereka. | 1 |
Soal 4 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Menghentikan kegiatan roleplay serentak dan meminta siswa bergantian melakukan roleplay di depan kelas sehingga berjalan kondusif. Jawaban Anda | 5 |
Mencoba memberikan contoh hasil roleplay yang menarik agar mereka memerhatikan Anda dan kembali fokus menyelesaikan aktivitas roleplay . | 4 |
Menerapkan sistem reward langsung, misalnya stiker atau pujian untuk siswa yang mengikuti instruksi dengan baik saat kegiatan berlangsung. | 3 |
Menjadikan kegiatan roleplay sebagai pekerjaan rumah dan mengimbau orang tua untuk mengawasi sehingga pembelajaran berjalan kondusif. | 2 |
Menghentikan kegiatan roleplay dan mengubahnya dengan memberikan meteri secara lisan yang dapat membuat para siswa tenang. | 1 |
Soal 5 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Mengadakan diskusi kolaboratif dengan guru terkait untuk menjelaskan manfaat lintas mata pelajaran dalam proyek ini, dan mengatur pembagian waktu agar tidak mengganggu agenda utama pembelajaran. Jawaban Anda | 5 |
Menyusun ulang rencana proyek agar tetap bisa berjalan dengan skala lebih kecil dan waktu lebih fleksibel, sambil tetap mengajak guru yang bersedia untuk terlibat sesuai dengan kemampuan. | 4 |
Menjelaskan tujuan proyek kepada guru-guru yang akan terlibat dan meminta kesediaan mereka untuk memberikan dukungan dengan waktu yang fleksibel atau secara tambahan di luar jam kelas. | 3 |
Memutuskan untuk menjalankan proyek ini hanya dalam lingkup mata pelajaran Anda tanpa melibatkan guru lain agar tidak menimbulkan konflik waktu dan prioritas dalam kegiatan pembelajaran. | 2 |
Menganalisis kelebihan dan kekurangan pelaksanaan proyek ini, apabila lebih banyak kekurangannya, mempertimbangkan untuk menunda proyek di semester depan agar lebih siap. | 1 |
POST TEST 2
Soal 1 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Membimbing kelompok agar memberikan masukan secara empatik dan konstruktif dan mendorong Siti untuk terus melatih kepercayaan diri. Jawaban Anda | 5 |
Mengadakan sesi bagi seluruh siswa mengenai pentingnya membangun rasa percaya diri dan kemampuan mendengar aktif ketika berdiskusi. | 4 |
Mengajak Siti melakukan refleksi diri guna mengidentifikasi hambatannya dalam berkomunikasi di depan publik. | 3 |
Memberikan nasehat kepada anggota kelompok Siti agar dapat memberikan umpan balik yang positif saat temannya memberikan pendapat. | 2 |
Memberikan waktu kepada Siti untuk meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan komunikasinya. | 1 |
Soal 2 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Mengakui kesalahan Anda dan mengajak mereka untuk bersama-sama berkomitmen berhenti merokok. Jawaban Anda | 5 |
Membuat kampanye sekolah bebas rokok bersama siswa dan bersama-sama mencoba berhenti merokok. | 4 |
Memberikan pemahaman tentang dampak-dampak buruk rokok untuk kesehatan anak di bawah umur. | 3 |
Melaporkan siswa ke pihak kesiswaan dan BK serta meminta mereka menindak sesuai aturan yang berlaku. | 2 |
Menjelaskan kepada siswa jika mereka harus mengikuti aturan sekolah tanpa menjadikan guru sebagai alasan. | 1 |
Soal 3 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Memberikan pemahaman kepada Andi terkait manfaat tugas tersebut dan mengarahkannya untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak berat, seperti merapikan tempat tidur atau barang pribadi. Jawaban Anda | 5 |
Menceritakan pengalaman pribadi atau cerita inspiratif tentang seseorang yang memperoleh manfaat dari belajar disiplin dengan melakukan pekerjaan rumah atau tugas yang ada. | 4 |
Menghubungi orang tua Andi untuk mengizinkan Andi mengerjakan pekerjaan rumah agar Andi dapat merasakan experiential learning dan dapat relevan saat berdiskusi bersama-sama di kelas. | 3 |
Memberikan alternatif tugas yang dapat diperbolehkan orang tua Andi sehingga Andi tetap melakukan experiential learning di rumah dan dapat melakukan refleksi diri seperti teman-teman yang lain. | 2 |
Mengubah tugas menjadi format diskusi secara kelompok untuk mendiskusikan tentang pentingnya membantu pekerjaan rumah dan bagaimana cara agar tugas tersebut bisa menjadi menyenangkan. | 1 |
Soal 4 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Menjelaskan manfaat forum tersebut dalam meningkatkan well-being guru secara persuasif. Jawaban Anda | 5 |
Meminta dukungan kepala sekolah untuk mendorong guru mengikuti Forum Belajar Bersama. | 4 |
Menyarankan para guru melakukan percobaan terlebih dahulu sebelum menolaknya. | 3 |
Menghargai perbedaan pendapat para guru dan tidak memaksakan pelaksanaan forum. | 2 |
Meminta pimpinan sekolah untuk mewajibkan guru mengikuti forum ini karena penting dan bermanfaat. | 1 |
Soal 5 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Mengadakan pertemuan koordinasi dengan guru-guru dan perwakilan orang tua untuk menjelaskan tujuan pembelajaran dari proyek ini, membagi peran secara proporsional. Jawaban Anda | 5 |
Menyusun ulang kegiatan menjadi lebih sederhana dengan cakupan waktu yang lebih pendek, lalu menawarkan keterlibatan kepada guru dan orang tua secara sukarela dan fleksibel. | 4 |
Mengurangi lingkup kolaborasi dengan hanya melibatkan beberapa guru yang tampak memberi dukungan dan menyesuaikan skala proyek agar tetap berjalan meskipun tidak semua pihak terlibat. | 3 |
Menjalankan proyek sesuai rencana meskipun tidak mendapatkan dukungan dari guru lain, dengan tetap memberikan pemberitahuan agar orang tua memberikan dukungan kepada siswa. | 2 |
Menganalisis kelebihan dan kekurangan pelaksanaan proyek ini, apabila lebih banyak kekurangannya, mempertimbangkan untuk menunda proyek di semester depan agar lebih matang. | 1 |
Soal 1 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Melakukan diskusi dengan perwakilan orang tua siswa dan guru untuk memahami kesulitan dan mendapatkan solusi yang saling mendukung agar proyek dapat berjalan. Jawaban Anda | 5 |
Menyicil pengumpulan benda daur ulang dan membuat kegiatan prakarya di sekolah dengan bimbingan guru sehingga tidak membebani orang tua. | 4 |
Tetap melaksanakan proyek ini sesuai dengan rencana dan menjelaskan kembali tujuan kegiatan ini serta meyakinkan orang tua mengenai manfaat yang akan siswa peroleh. | 3 |
Mengurangi cakupan proyek dengan kegiatan daur ulang sampah dari barang-barang yang dapat ditemui di sekolah sehingga siswa tidak perlu membawa barang dari rumah. | 2 |
Mengalihkan kegiatan proyek menjadi pembelajaran interaktif di kelas, seperti penayangan video, diskusi, dan penjelasan guru tentang daur ulang dan pengelolaan sampah. | 1 |
Soal 2 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Mendampingi Ardi secara personal dan memberinya kesempatan untuk berbicara terlebih dahulu melalui diskusi kecil dengan Anda sebelum bergabung di dalam kelompok. Jawaban Anda | 5 |
Melakukan pendekatan untuk memahami perasaan Ardi, lalu menawarkan peran kecil dalam kelompok (seperti mencatat) sebagai langkah awal kepercayaan diri. | 4 |
Menugaskan teman satu kelompok Ardi untuk mengajak dan menyemangatinya untuk berbicara, lalu meminta mereka untuk mengapresiasi pendapat Ardi. | 3 |
Memberi semangat kepada Ardi untuk mencoba bicara dan mengingatkan seluruh siswa agar saling menghargai, lalu melanjutkan diskusi seperti biasa. | 2 |
Memberikan dorongan/motivasi kepada Ardi agar lebih percaya diri dalam berdiskusi, sambil mengatakan bahwa Anda akan memantau dari kejauhan dan menunggu ia untuk lebih aktif. | 1 |
Soal 3 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Menginisiasi sesi mediasi antara Abi dan siswa yang menuduhnya untuk mengetahui kedua sudut pandang, lalu menyampaikan pada kelas bahwa tuduhan harus disertai bukti agar adil untuk semuanya. Jawaban Anda | 5 |
Menyampaikan kepada seluruh kelas pentingnya menghindari prasangka dan meminta maaf kepada Abi atas situasi yang terjadi, sambil mengajak kelas membuat kesepakatan bersama untuk saling menghormati. | 4 |
Menggunakan momen ini sebagai pelajaran kelas dengan mengangkat topik "prasangka dan adil" dalam pembelajaran, lalu memberikan contoh sikap yang adil dari pengalaman sehari-hari di kelas. | 3 |
Menasihati seluruh kelas agar lebih berhati-hati menaruh barang pribadi dan tidak menyalahkan orang tanpa bukti, lalu meminta Abi dan teman yang menuduhnya untuk berdamai. | 2 |
Memisahkan Abi dengan teman-teman yang menuduhnya dan memberikan imbauan kepada semua siswa di kelas untuk bersikap jujur dan tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang jelas. | 1 |
Soal 4 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Menjelaskan kembali tujuan program dengan empatik dan berbasis data dalam diskusi para guru, mendengarkan kekhawatiran mereka, dan mendiskusikan solusi agar program dapat dijalankan. Jawaban Anda | 5 |
Menyusun strategi komunikasi berbasis data bersama guru BK, lalu mengadakan diskusi bersama para guru lain agar memahami urgensi program dan membuat kesepakatan agar tidak membebani. | 4 |
Menyampaikan kembali rencana program dalam forum guru, menekankan manfaatnya, dan membuka ruang bagi guru yang bersedia untuk terlibat, sambil tetap menghormati pendapat guru lain. | 3 |
Menyarankan agar program tetap tersedia sebagai pilihan sukarela bagi siswa yang merasa perlu, tanpa melibatkan guru mata pelajaran secara langsung untuk menjaga kenyamanan semua pihak. | 2 |
Memilih untuk menunda pelaksanaan program dan mengamati situasi lebih lanjut, sambil berharap kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental akan tumbuh seiring waktu di kalangan guru. | 1 |
Soal 5 dari 5
JAWABAN | BOBOT NILAI |
---|---|
Memfasilitasi dialog kelas untuk mendengarkan kendala siswa, lalu menekankan fleksibilitas, misalnya memperbolehkan pengamatan dan wawancara dilakukan di lingkungan terdekat dan waktu yang disepakati kelompok. Jawaban Anda | 5 |
Mendengarkan keluhan-keluhan siswa terkait proyek lapangan, lalu berdiskusi dengan mereka untuk menemukan solusi yang dapat mengatasi keluhan tersebut sambil memotivasi bahwa mereka pasti bisa. | 4 |
Menjelaskan pentingnya pembelajaran lapangan dan meminta semua siswa tetap melaksanakan tugas sesuai rencana, tetapi memberi waktu yang lebih luas agar mereka dapat mempersiapkannya dengan lebih baik. | 3 |
Menawarkan dua pilihan kegiatan, yaitu proyek lapangan seperti rencana awal atau tugas alternatif berupa analisis kelompok berkaitan dengan pelaku ekonomi berdasarkan informasi di media sosial, video, atau pun berita. | 2 |
Memahami tantangan siswa akan tugas ini, lalu mengganti proyek lapangan dengan kegiatan alternatif seperti penayangan video dokumenter tentang aktivitas ekonomi masyarakat, lalu meminta para siswa berdiskusi di kelas. | 1 |
Komentar