PPG TAHAP I TAHUN 2025 - POST TEST 1,2,3 MODUL 1 PEMBELAJARAN MENDALAM DAN ASESMEN
Anda adalah guru baru yang sedang menyiapkan
pembelajaran di kelas kewirausahaan. Anda memahami bahwa kegiatan belajar perlu
dirancang sedekat mungkin dengan realitas di dunia kerja, termasuk untuk
memfasilitasi peserta didik memahami berbagai kebutuhan pelanggan atas produk
yang dikerjakan. Hanya saja, Anda masih belum cukup memiliki waktu untuk
melakukannya, dikarenakan banyaknya pembekalan yang masih harus diikuti di
antara waktu mengerjakan tugas pokok. Jika menemui situasi tersebut, apa yang
akan Anda lakukan?
A
Memetakan berbagai
kebutuhan pelanggan sejauh pengetahuan dan berbagai pengalaman selama ini
B
Meminta petunjuk dari
sejawat guru yang lebih senior tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk
menindaklanjuti kebutuhan ini
C
Memikirkan bentuk proyek
pembelajaran berdasarkan kebutuhan yang berlaku umum pada setiap pelanggan
D
Mengalokasikan waktu
untuk sedapatnya mengenali kebutuhan pelanggan secara spesifik, sebagai bahan
merancang proyek pembelajaran
E
Melakukan analisis berbagai kebutuhan pelanggan atas
produk yang dikerjakan peserta didik secara cermat, agar kegiatan belajar dapat
dirancang dengan optimal
Anda diminta merancang pembelajaran berbasis
proyek untuk mendorong peserta didik mengoptimalkan kualitas produk. Anda
pernah mempelajari PjBL ini, namun belum pernah menggunakannya secara langsung
dalam pembelajaran yang Anda pandu. Di sisi lain penyiapan rencana pembelajaran
ini sudah mendesak harus segera selesai. Apa yang akan Anda lakukan?
A
Mengusulkan pimpinan
sekolah untuk memberikan pembekalan kembali pada seluruh guru
B
Sementara waktu
menggunakan rancangan pembelajaran yang sudah terbiasa digunakan
C
Merencanakan secara
bertahap pembelajaran berbasis proyek untuk semester depan
D
Mengalokasikan waktu
untuk secara khusus mempelajari model pembelajaran ini
E
Menyusun rancangan mulai dari saat peserta didik menerima
pesanan hingga menuntaskan layanannya
Sekolah menugaskan Anda melakukan pembimbingan
PKL untuk sejumlah siswa. PKL bertempat di sebuah perusahaan yang sudah
beroperasi cukup lama. Di tengah pelaksanaan tugas tersebut, terjadi kecelakaan
kerja yang membuat salah satu peserta didik menjadi korbannya. Meskipun hanya
luka ringan, orangtua peserta didik yang cemas terkesan menyalahkan Anda yang
tidak cukup memberikan pembekalan. Jika menemui situasi tersebut, apa yang Anda
lakukan?
A
Memahami bahwa orangtua
yang sedang terbawa emosi akan mungkin memunculkan sikap yang terlewat
khawatir, sehingga hal ini tidak perlu terlalu dipikirkan
B
Mencoba mencari waktu
yang tepat untuk bertemu dengan orangtua yang khawatir tersebut, agar nantinya
bisa menyampaikan informasi yang membantu menenangkan
C
Menanggapi hal tersebut
secara netral, dan memahaminya sebagai kekhawatiran yang wajar dimunculkan oleh
orangtua ketika anak mengalami sesuatu
D
Meminta teman dari
peserta didik yang mengalami kecelakaan untuk menyampaikan pada orangtuanya
bahwa si anak sudah tertangani dengan baik
E
Mengingatkan peserta didik untuk berhati-hati sekaligus memberikan
pemahaman kepada orangtua atas kejadian yang di luar kendali
Salah satu peserta didik yang sedang
melaksanakan PKL terlibat konflik dengan staf di tempat PKL-nya. Di satu sisi
Anda tahu bahwa kesalahan bukan pada pihak peserta didik, namun Anda tidak bisa
pula melemparkan kesalahan pada pihak mitra. Selaku pembimbing PKL, tindakan
apa yang Anda lakukan?
A
Mendiskusikan situasi yang terjadi bersama pembimbing
industri untuk menemukan solusi yang disepakati oleh semua pihak
B
Berupaya menyelesaikan
bersama peserta didik tanpa melibatkan pembimbing industri karena hal ini
terkait dengan nama sekolah
C
Mencoba untuk tidak
reaktif dan meyakini bahwa situasi tersebut akan dapat mereda seiring waktu
D
Merencanakan waktu untuk
berbicara dengan pembimbing industri dari pihak mitra
E
Menyampaikan informasi
yang diketahui pada pembimbing industri agar beliau juga berupaya mencari
solusi
Menurut ketentuan, monitoring dan evaluasi
pelaksanaan PKL harus dilakukan oleh pembimbing setiap bulan. Anda sebenarnya
sudah melakukan penjadwalan di tanggal-tanggal tertentu. Akan tetapi, bulan ini
jadwal Anda penuh dengan beberapa tugas lain yang mendesak untuk diselesaikan.
Sebagai seorang pembimbing PKL, hal apa yang Anda lakukan?
A
Meminta peserta didik
untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara mandiri
B
Meminta peserta didik
untuk membuat laporan tertulis dan mengumpulkannya sebagai pengganti dari
pertemuan monitoring
C
Meminta bantuan sejawat
guru yang lain untuk menggantikan dalam melakukan monitoring dan evaluasi
D
Mencari waktu alternatif
untuk melakukan monitoring dan evaluasi, meskipun harus dilaksanakan di luar
jam kerja
E
Melaksanakan monitoring secara daring dengan
memfasilitasi waktu diskusi yang seluas mungkin
Pada salah satu pertemuan bimbingan, peserta
didik yang melaksanakan PKL menyampaikan bahwa mereka ternyata banyak diminta
melakukan tugas-tugas yang di luar materi belajarnya oleh pihak perusahaan.
Masalahnya, perusahaan tersebut adalah perusahaan bereputasi yang sangat jarang
memberi kesempatan bagi institusi pendidikan untuk melaksanakan PKL di
tempatnya. Artinya, bisa menempuh PKL di perusahaan tersebut adalah kesempatan
belajar yang sangat jarang bisa dirasakan oleh semua peserta didik. Apa yang
Anda lakukan sebagai pembimbing?
A
Berencana menemui pihak
pembimbing industri agar tidak terjadi kesalahpahaman yang dikhawatirkan akan
berdampak terhadap potensi kerjasama berikutnya
B
Mengingatkan seluruh
peserta PKL agar tetap disiplin memenuhi penugasan apapun karena pembimbing
industri pastinya sudah mengetahui hal tersebut
C
Meyakini bahwa peserta
didik lambat laun akan bisa beradaptasi dengan tugas-tugas yang diberikan
pembimbing industri ataupun pihak perusahaan
D D
Menegaskan kembali informasi-informasi
yang ada di kontrak kerja tentang aktivitas-aktivitas yang perlu dan tidak
perlu dilakukan oleh siswa magang di tempat PKL kepada pembimbing industri
E
Mengklarifikasi informasi tersebut kepada pembimbing industri sekaligus menyamakan persepsi kembali tentang kegiatan-kegiatan selama proses magang
Seringkali terdapat perbedaan antara apa yang
disediakan oleh produsen atau penyedia jasa dengan kebutuhan pelanggan. Anda
pernah pula mengalaminya ketika bekerja di sebuah perusahaan yang memproduksi
alat-alat rumah tangga. Posisi Anda ada di bagian desain produk. Saat itu
perusahaan menghendaki desain produk yang mengutamakan efisiensi dalam biaya
produksi, sementara kebutuhan pelanggan cenderung berkonsekuensi pada desain produk
yang biaya produksinya cukup tinggi. Dalam situasi tersebut, apa yang Anda
lakukan?
A
Meminta masukan dari
kolega senior di bagian desain produk tentang hal-hal mana yang perlu
diutamakan
B
Mulai mengenali berbagai
kebutuhan pelanggan yang satu sama lain belum tentu sama
C
Mengalokasikan waktu
untuk sedapatnya mencermati terhadap kebutuhan pelanggan
D
Mengidentifikasi
berbagai kebutuhan pelanggan dengan cermat terkait produk yang sedang
dikerjakan
E
Mengikuti arahan
pimpinan perusahaan tanpa harus melakukan analisis kebutuhan pelanggan
Dalam pertemuan monev kali ini, Anda sebagai
pembimbing menemukan prosedur praktik kerja salah satu peserta didik yang
kurang sesuai dengan materi belajarnya. Anda pun memberikan umpan balik dan memintanya
untuk melakukan perbaikan. Sayangnya, pertemuan ini adalah monev terakhir,
sehingga waktu untuk memperbaiki sikap dan perilaku peserta ddik terbatas. Apa
yang Anda lakukan jika menghadapi situasi ini?
A
Merencanakan waktu
bertemu dan meminta peserta didik yang bersangkutan untuk melakukan refleksi
dan evaluasi diri
B
Melaksanakan proses
monitoring dan evaluasi dengan tetap meminta dan mencermati seluruh informasi
secara detil
C
Meminta peserta didik
yang bersangkutan untuk membuat evaluasi tertulis dan mengumpulkannya sebagai
bagian dari proses belajar
D
Mencoba untuk tidak
reaktif dan meyakini bahwa lambat laun peserta didik tersebut akan tetap bisa
memperbaiki sikap dan perikunya yang kurang tepat seiring waktu
E
Memberikan umpan balik sesuai
kondisi yang terjadi, agar bisa dimanfaatkan oleh peserta didik yang
bersangkutan untuk memperbaiki diri dan aktivitasnya di momen PKL selanjutnya
A
Memahami bahwa setiap
peserta didik memiliki karakternya masing-masing, baik yang positif maupun
negatif, sehingga hal ini tidak perlu terlalu dipikirkan
B
Mencoba mencari waktu
yang tepat untuk bertemu dengan pihak mitra tempat PKL, untuk nantinya bisa
menyampaikan informasi terkait kondisi peserta didik tersebut
C
Memberikan pemahaman
kepada mitra tempat PKL atas situasi yang di luar kendali tersebut dan
mendampingi peserta didik saat menyampaikan permohonan maaf kepada pihak mitra
D
Menanggapi hal tersebut
secara netral, dan memahaminya sebagai bagian dari proses belajar peserta didik
di lingkungan kerja
E
Meminta peserta didik
yang bersangkutan untuk menjelaskan perilakunya dan menyampaikan kekecewaan
Anda sebagai guru atas perilaku tersebut
A
Sementara waktu
menggunakan rancangan pembelajaran yang sudah terbiasa digunakan untuk desain
produk digital
B
Mencari referensi
berbagai desain produk digital yang memungkinkan sebagai bahan merancang proyek
pembelajarannya
C
Merencanakan secara
bertahap pembelajaran berbasis proyek namun dialokasikan untuk semester depan
D
Menyusun rancangan pembelajaran
berbasis proyek mulai dari saat peserta didik menerima pesanan hingga
menuntaskan desainnya
E
Membuat penyesuaian
rancangan pembelajaran berbasis proyek dengan tetap melibatkan tatap muka
ceramah
Soal 1 dari 5
Salah satu momen penting dari pelaksanaan
fungsi pembimbingan PKL adalah pada waktu persiapan dan pembekalan. Hal ini
merupakan ruang yang jika dioptimalkan akan dapat membantu peserta didik untuk
belajar optimal dalam praktik kerjanya, selain mengantisipasi hal-hal yang
tidak diinginkan selama PKL berlangsung. Hanya saja, kali ini waktu pelaksanaan
pembekalan tersebut sangat sempit karena banyak berbentur dengan tugas Anda
yang lain. Sebagai pembimbing, apa yang Anda lakukan?
A
Meminta bantuan sejawat
guru yang lain untuk menggantikan dalam memberikan pembakalan
B
Menyadari perlunya
pembekalan tetap dilaksanakan meskipun dalam ruang dan waktu yang terbatas
C
Meminta peserta didik
untuk mandiri mempersiapkan diri dan membaca panduan PKL dengan cermat
D
Melaksanakan pembekalan
secara daring dengan memfasilitasi ruang tanya-jawab yang seluas mungkin
E
Mencari waktu alternatif
untuk melakukan pembekalan, meskipun harus dilaksanakan di luar jam kerja
Hasil umpan balik dari pihak mitra tempat PKL menyatakan bahwa kinerja peserta didik Anda ternyata di bawah harapan perusahaan. Anda menyayangkan hal ini, namun Anda menduga bahwa hal ini disebabkan masa studi peserta didik yang baru berada di tahun pertama. Akibatnya pola perilaku kerjanya belum terbentuk secara matang. Jika menemui situasi ini, apa tindakan yang Anda lakukan sebagai pembimbing?
Membekali peserta didik di tahun pertama agar lebih menunjukkan kinerja yang
optimal di tempat magang PKL
B
Memberikan lembar evaluasi
kepada peserta didik dan memintanya menuliskan hal-hal yang menjadi kelebihan
dan kelemahannya selama proses PKL
C
Mempertimbangkan kembali untuk
mengirim peserta didik tahun pertama untuk magang PKL di perusahaan pada
tahun-tahun berikutnya
D
Berupaya mencari waktu yang
tepat untuk mengklarifikasi hasil umpan balik tersebut kepada peserta didik
E
Memaklumi kondisi peserta didik yang memang masih tergolong baru dan kurang berpengalaman bekerja di tempat industri
Komentar