PPG TAHAP I TAHUN 2025 - POST TEST 1,2,3 MODUL 1 PEMBELAJARAN MENDALAM DAN ASESMEN

Anda adalah guru baru yang sedang menyiapkan pembelajaran di kelas kewirausahaan. Anda memahami bahwa kegiatan belajar perlu dirancang sedekat mungkin dengan realitas di dunia kerja, termasuk untuk memfasilitasi peserta didik memahami berbagai kebutuhan pelanggan atas produk yang dikerjakan. Hanya saja, Anda masih belum cukup memiliki waktu untuk melakukannya, dikarenakan banyaknya pembekalan yang masih harus diikuti di antara waktu mengerjakan tugas pokok. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

A

Memetakan berbagai kebutuhan pelanggan sejauh pengetahuan dan berbagai pengalaman selama ini

B

Meminta petunjuk dari sejawat guru yang lebih senior tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk menindaklanjuti kebutuhan ini

C

Memikirkan bentuk proyek pembelajaran berdasarkan kebutuhan yang berlaku umum pada setiap pelanggan

D

Mengalokasikan waktu untuk sedapatnya mengenali kebutuhan pelanggan secara spesifik, sebagai bahan merancang proyek pembelajaran

E

Melakukan analisis berbagai kebutuhan pelanggan atas produk yang dikerjakan peserta didik secara cermat, agar kegiatan belajar dapat dirancang dengan optimal

 

Anda diminta merancang pembelajaran berbasis proyek untuk mendorong peserta didik mengoptimalkan kualitas produk. Anda pernah mempelajari PjBL ini, namun belum pernah menggunakannya secara langsung dalam pembelajaran yang Anda pandu. Di sisi lain penyiapan rencana pembelajaran ini sudah mendesak harus segera selesai. Apa yang akan Anda lakukan?

A

Mengusulkan pimpinan sekolah untuk memberikan pembekalan kembali pada seluruh guru

B

Sementara waktu menggunakan rancangan pembelajaran yang sudah terbiasa digunakan

C

Merencanakan secara bertahap pembelajaran berbasis proyek untuk semester depan

D

Mengalokasikan waktu untuk secara khusus mempelajari model pembelajaran ini

E

Menyusun rancangan mulai dari saat peserta didik menerima pesanan hingga menuntaskan layanannya

 

Sekolah menugaskan Anda melakukan pembimbingan PKL untuk sejumlah siswa. PKL bertempat di sebuah perusahaan yang sudah beroperasi cukup lama. Di tengah pelaksanaan tugas tersebut, terjadi kecelakaan kerja yang membuat salah satu peserta didik menjadi korbannya. Meskipun hanya luka ringan, orangtua peserta didik yang cemas terkesan menyalahkan Anda yang tidak cukup memberikan pembekalan. Jika menemui situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?

A

Memahami bahwa orangtua yang sedang terbawa emosi akan mungkin memunculkan sikap yang terlewat khawatir, sehingga hal ini tidak perlu terlalu dipikirkan

B

Mencoba mencari waktu yang tepat untuk bertemu dengan orangtua yang khawatir tersebut, agar nantinya bisa menyampaikan informasi yang membantu menenangkan

C

Menanggapi hal tersebut secara netral, dan memahaminya sebagai kekhawatiran yang wajar dimunculkan oleh orangtua ketika anak mengalami sesuatu

D

Meminta teman dari peserta didik yang mengalami kecelakaan untuk menyampaikan pada orangtuanya bahwa si anak sudah tertangani dengan baik

E

Mengingatkan peserta didik untuk berhati-hati sekaligus memberikan pemahaman kepada orangtua atas kejadian yang di luar kendali

 

Salah satu peserta didik yang sedang melaksanakan PKL terlibat konflik dengan staf di tempat PKL-nya. Di satu sisi Anda tahu bahwa kesalahan bukan pada pihak peserta didik, namun Anda tidak bisa pula melemparkan kesalahan pada pihak mitra. Selaku pembimbing PKL, tindakan apa yang Anda lakukan?

A

Mendiskusikan situasi yang terjadi bersama pembimbing industri untuk menemukan solusi yang disepakati oleh semua pihak

B

Berupaya menyelesaikan bersama peserta didik tanpa melibatkan pembimbing industri karena hal ini terkait dengan nama sekolah

C

Mencoba untuk tidak reaktif dan meyakini bahwa situasi tersebut akan dapat mereda seiring waktu

D

Merencanakan waktu untuk berbicara dengan pembimbing industri dari pihak mitra

E

Menyampaikan informasi yang diketahui pada pembimbing industri agar beliau juga berupaya mencari solusi

 

Menurut ketentuan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan PKL harus dilakukan oleh pembimbing setiap bulan. Anda sebenarnya sudah melakukan penjadwalan di tanggal-tanggal tertentu. Akan tetapi, bulan ini jadwal Anda penuh dengan beberapa tugas lain yang mendesak untuk diselesaikan. Sebagai seorang pembimbing PKL, hal apa yang Anda lakukan?

A

Meminta peserta didik untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara mandiri

B

Meminta peserta didik untuk membuat laporan tertulis dan mengumpulkannya sebagai pengganti dari pertemuan monitoring

C

Meminta bantuan sejawat guru yang lain untuk menggantikan dalam melakukan monitoring dan evaluasi

D

Mencari waktu alternatif untuk melakukan monitoring dan evaluasi, meskipun harus dilaksanakan di luar jam kerja

E

Melaksanakan monitoring secara daring dengan memfasilitasi waktu diskusi yang seluas mungkin

 

Pada salah satu pertemuan bimbingan, peserta didik yang melaksanakan PKL menyampaikan bahwa mereka ternyata banyak diminta melakukan tugas-tugas yang di luar materi belajarnya oleh pihak perusahaan. Masalahnya, perusahaan tersebut adalah perusahaan bereputasi yang sangat jarang memberi kesempatan bagi institusi pendidikan untuk melaksanakan PKL di tempatnya. Artinya, bisa menempuh PKL di perusahaan tersebut adalah kesempatan belajar yang sangat jarang bisa dirasakan oleh semua peserta didik. Apa yang Anda lakukan sebagai pembimbing?

A

Berencana menemui pihak pembimbing industri agar tidak terjadi kesalahpahaman yang dikhawatirkan akan berdampak terhadap potensi kerjasama berikutnya

B

Mengingatkan seluruh peserta PKL agar tetap disiplin memenuhi penugasan apapun karena pembimbing industri pastinya sudah mengetahui hal tersebut

C

Meyakini bahwa peserta didik lambat laun akan bisa beradaptasi dengan tugas-tugas yang diberikan pembimbing industri ataupun pihak perusahaan

D D

Menegaskan kembali informasi-informasi yang ada di kontrak kerja tentang aktivitas-aktivitas yang perlu dan tidak perlu dilakukan oleh siswa magang di tempat PKL kepada pembimbing industri

E

Mengklarifikasi informasi tersebut kepada pembimbing industri sekaligus menyamakan persepsi kembali tentang kegiatan-kegiatan selama proses magang

 

Seringkali terdapat perbedaan antara apa yang disediakan oleh produsen atau penyedia jasa dengan kebutuhan pelanggan. Anda pernah pula mengalaminya ketika bekerja di sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat rumah tangga. Posisi Anda ada di bagian desain produk. Saat itu perusahaan menghendaki desain produk yang mengutamakan efisiensi dalam biaya produksi, sementara kebutuhan pelanggan cenderung berkonsekuensi pada desain produk yang biaya produksinya cukup tinggi. Dalam situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?

A

Meminta masukan dari kolega senior di bagian desain produk tentang hal-hal mana yang perlu diutamakan

B

Mulai mengenali berbagai kebutuhan pelanggan yang satu sama lain belum tentu sama

C

Mengalokasikan waktu untuk sedapatnya mencermati terhadap kebutuhan pelanggan

D

Mengidentifikasi berbagai kebutuhan pelanggan dengan cermat terkait produk yang sedang dikerjakan

E

Mengikuti arahan pimpinan perusahaan tanpa harus melakukan analisis kebutuhan pelanggan


Dalam pertemuan monev kali ini, Anda sebagai pembimbing menemukan prosedur praktik kerja salah satu peserta didik yang kurang sesuai dengan materi belajarnya. Anda pun memberikan umpan balik dan memintanya untuk melakukan perbaikan. Sayangnya, pertemuan ini adalah monev terakhir, sehingga waktu untuk memperbaiki sikap dan perilaku peserta ddik terbatas. Apa yang Anda lakukan jika menghadapi situasi ini?

A

Merencanakan waktu bertemu dan meminta peserta didik yang bersangkutan untuk melakukan refleksi dan evaluasi diri

B

Melaksanakan proses monitoring dan evaluasi dengan tetap meminta dan mencermati seluruh informasi secara detil

C

Meminta peserta didik yang bersangkutan untuk membuat evaluasi tertulis dan mengumpulkannya sebagai bagian dari proses belajar

D

Mencoba untuk tidak reaktif dan meyakini bahwa lambat laun peserta didik tersebut akan tetap bisa memperbaiki sikap dan perikunya yang kurang tepat seiring waktu

E

Memberikan umpan balik sesuai kondisi yang terjadi, agar bisa dimanfaatkan oleh peserta didik yang bersangkutan untuk memperbaiki diri dan aktivitasnya di momen PKL selanjutnya

 Pada saat kegiatan PKL dilaksanakan, terdapat kejadian dimana ada peserta didik yang bersikap tidak sopan dan berperilaku tidak disiplin. Hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman, karena sebelum PKL dimulai, seluruh peserta didik sudah cukup diberikan pembekalan terkait upaya menjaga sikap dan perilaku di tempat mereka belajar praktik kerja. Sebagai pembimbing, apa yang Anda lakukan?

A

Memahami bahwa setiap peserta didik memiliki karakternya masing-masing, baik yang positif maupun negatif, sehingga hal ini tidak perlu terlalu dipikirkan

B

Mencoba mencari waktu yang tepat untuk bertemu dengan pihak mitra tempat PKL, untuk nantinya bisa menyampaikan informasi terkait kondisi peserta didik tersebut

C

Memberikan pemahaman kepada mitra tempat PKL atas situasi yang di luar kendali tersebut dan mendampingi peserta didik saat menyampaikan permohonan maaf kepada pihak mitra

D

Menanggapi hal tersebut secara netral, dan memahaminya sebagai bagian dari proses belajar peserta didik di lingkungan kerja

E

Meminta peserta didik yang bersangkutan untuk menjelaskan perilakunya dan menyampaikan kekecewaan Anda sebagai guru atas perilaku tersebut

 Semester ini para peserta didik akan mempelajari tentang bagaimana membuat desain produk secara digital. Anda diminta menerapkan pembelajaran berbasis proyek, namun ada kekhawatiran siswa tidak belajar dengan optimal mengingat mereka masih belum cukup punya pemahaman yang baik secara konseptual. Apa langkah yang Anda ambil kemudian?

A

Sementara waktu menggunakan rancangan pembelajaran yang sudah terbiasa digunakan untuk desain produk digital

B

Mencari referensi berbagai desain produk digital yang memungkinkan sebagai bahan merancang proyek pembelajarannya

C

Merencanakan secara bertahap pembelajaran berbasis proyek namun dialokasikan untuk semester depan

D

Menyusun rancangan pembelajaran berbasis proyek mulai dari saat peserta didik menerima pesanan hingga menuntaskan desainnya

E

Membuat penyesuaian rancangan pembelajaran berbasis proyek dengan tetap melibatkan tatap muka ceramah

 

Soal 1 dari 5

Salah satu momen penting dari pelaksanaan fungsi pembimbingan PKL adalah pada waktu persiapan dan pembekalan. Hal ini merupakan ruang yang jika dioptimalkan akan dapat membantu peserta didik untuk belajar optimal dalam praktik kerjanya, selain mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama PKL berlangsung. Hanya saja, kali ini waktu pelaksanaan pembekalan tersebut sangat sempit karena banyak berbentur dengan tugas Anda yang lain. Sebagai pembimbing, apa yang Anda lakukan?

A

Meminta bantuan sejawat guru yang lain untuk menggantikan dalam memberikan pembakalan

B

Menyadari perlunya pembekalan tetap dilaksanakan meskipun dalam ruang dan waktu yang terbatas

C

Meminta peserta didik untuk mandiri mempersiapkan diri dan membaca panduan PKL dengan cermat

D

Melaksanakan pembekalan secara daring dengan memfasilitasi ruang tanya-jawab yang seluas mungkin

E

Mencari waktu alternatif untuk melakukan pembekalan, meskipun harus dilaksanakan di luar jam kerja

Hasil umpan balik dari pihak mitra tempat PKL menyatakan bahwa kinerja peserta didik Anda ternyata di bawah harapan perusahaan. Anda menyayangkan hal ini, namun Anda menduga bahwa hal ini disebabkan masa studi peserta didik yang baru berada di tahun pertama. Akibatnya pola perilaku kerjanya belum terbentuk secara matang. Jika menemui situasi ini, apa tindakan yang Anda lakukan sebagai pembimbing?

 


Membekali peserta didik di tahun pertama agar lebih menunjukkan kinerja yang optimal di tempat magang PKL

B

Memberikan lembar evaluasi kepada peserta didik dan memintanya menuliskan hal-hal yang menjadi kelebihan dan kelemahannya selama proses PKL

C

Mempertimbangkan kembali untuk mengirim peserta didik tahun pertama untuk magang PKL di perusahaan pada tahun-tahun berikutnya

D

Berupaya mencari waktu yang tepat untuk mengklarifikasi hasil umpan balik tersebut kepada peserta didik

E

Memaklumi kondisi peserta didik yang memang masih tergolong baru dan kurang berpengalaman bekerja di tempat industri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPG TAHAP I TAHUN 2025 - POST TEST 1,2,3 MODUL 3 FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

PPG TAHAP I TAHUN 2025 - TES PEMAHAMAN MODUL 2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL